Respons PHRI Soal Banyaknya Hotel Dijual di Situs Online

Respons PHRI Soal Banyaknya Hotel Dijual di Situs Online
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Sekretaris Jendral Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI), Maulana Yusran, membeberkan beberapa alasan yang menyebabkan ada banyak hotel dilego di situs jual beli online.

Menurutnya, salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab pengusaha hotel menjual propertinya adalah karena tidak mampu bertahan menghadapi pandemi Covid-19.

"Penyebabnya berbagai macam ya, ada yang memang kondisinya sejak pandemi itu mereka tidak bisa atau sulit untuk bangkit, sehingga pemilik memutuskan menjual propertinya," kata Yusran, melalui keterangannya, dikutip Selasa (24/1/2023).

Namun, Yusran menyebut pandemi bukanlah satu-satunya faktor. Tidak sanggup lagi menjalankan operasional juga bisa mendorong pemilik untuk menjual hotel miliknya.

"Sudah tidak menguntungkan lah mungkin kira-kira, karena kesulitan mendapatkan market itu dan berbagai macam, ada mungkin kesalahan manajemen," ujarnya.

Selain itu, menurut Yusran, bisa juga hotel tersebut sengaja dibangun memang untuk dijual agar mendapatkan keuntungan dari jual beli.

"Mungkin memang hotel tersebut dibangun bukan untuk di keep selama-lamanya, tapi dibangun dilihat siapa yang mungkin mencari pertambahan value-nya melalui jual beli hotel bisa juga itu terjadi," pungkasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan MPI di beberapa situs online penjualan properti, ditemukan sejumlah hotel di Jakarta yang hendak dijual. 

Harganya mulai dari Rp6 miliar hingga Rp2 triliun bergantung pada kondisi serta lokasi hotel tersebut. ***