Indonesia Kirim 6 Wakil di BWF World Tour Finals 2022

Indonesia Kirim 6 Wakil di BWF World Tour Finals 2022
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Turnamen penutup musim BWF World Tour Finals 2022 resmi akan diselenggarakan di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember. Indonesia dipastikan akan mengirimkan enam pebulutangkis. 

Gregoria Mariska Tunjung menjadi delegasi terakhir yang dipastikan keikutsertaannya.

Seperti diketahui, perhitungan poin road to BWF World Tour Final 2022 telah berakhir menyusul Australia Open yang juga telah rampung pelaksanaannya pada 20 November lalu. Sejumlah wakil telah dipastikan keikutsertaannya seiring BWF yang juga secara resmi merilis daftar pemain yang lolos pada 22 November lalu.

Indonesia sendiri sebelumnya telah memastikan lima wakilnya akan tampil di kejuaraan yang memperebutkan hadiah total 1,5 juta dolar AS (Rp23,5 miliar) tersebut.

Yakni dua wakil dari ganda putra, dua wakil dari tunggal putra, serta satu ganda campuran. Belakangan, Indonesia ternyata mendapat satu jatah lainya dari sektor tunggal putri.

Terkini, Gregoria Mariska Tunjung yang sebelumnya berstatus reserve pertama akhirnya bisa tampil di turnamen yang merupakan puncaknya ajang-ajang BWF tur sepanjang tahun ini.

Ia mendapat tiket tersebut setelah PP PBSI menerima surat undangan keikutsertaan dari BWF untuk Gregoria setelah satu dari delapan peserta di tunggal putri mengundurkan diri. Tetapi BWF belum mengungkap siapa pebulutangkis yang mundur tersebut.

Sejatinya saat ini Gregoria berada di posisi 13 pada rangking "Race to BWF World Tour Finals". Namun berdasarkan peraturan, ia menempati daftar tunggu nomor pertama.

BWF World Tour Finals 2022 akan diselenggarakan di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember. Di ajang tersebut hanya menyajikan pertandingan dari 8 pemain terbaik di klasemen akumulasi poin tur BWF dari lima sektor.

Berikut Daftar Enam Wakil RI di BWF World Tour Finals 2022:
Tunggal putra
- Jonatan Christie (4) 64.960 poin
- Anthony Sinisuka Ginting (7) 62.100 poin
Ganda Putra
- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1) 91.870 poin
- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (2) 69.300 poin
Ganda Campuran
- Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (6) 56.600 poin
Tunggal Putri
- Gregoria Mariska Tunjung (13, reserve pertama) 47.600 poin (undangan BWF). ****