Usai Deklarasi Damai, Polda Jabar Buka Peluang Jakmania hingga Aremania Nonton Sepakbola Bareng di Bandung

Usai Deklarasi Damai, Polda Jabar Buka Peluang Jakmania hingga Aremania Nonton Sepakbola Bareng di Bandung
Lihat Foto

WJtoday, Jakarta - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, membuka peluang bagi suporter Persija Jakarta Jakmania dan Arema FC Aremania, menonton laga sepak bola bareng, di Bandung, Jawa Barat. 

Diketahui, dua kelompok suporter sepak bola itu memiliki hubungan yang renggang dengan Bobotoh, pendukung setia Persib Bandung. Bahkan, hubungan antara kelompok suporter itu kerap diwarnai ketegangan dan gesekan. 
Peluang yang diberikan Polda Jabar tak lepas dari tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Diketahui, peristiwa kelam tersebut telah merenggut ratusan korban jiwa. 

Selain itu, peluang diberikan menyusul kampanye damai yang kini terus digaungkan pascatragedi Kanjuruhan. Tragedi tersebut telah berdampak terhadap keharmonisan suporter klub sepak bola di Indonesia. 

Di Bandung sendiri, deklarasi damai antarsuporter pun sudah digaungkan, seperti agenda doa bersama yang diikuti ribuan suporter dari berbagai klub di Indonesia, termasuk Bobotoh, Jakmania, dan Aremania di Stadion Saparua, Kota Bandung, Sabtu (8/10/2022) kemarin. 

"Ini merupakan spirit baik dimana kami mengacu dengan adanya permasalahan yang ada. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi kita supaya bisa menyempurnakan segala aspek atau faktor penyebab permasalahan," ungkap Ibrahim, menanggapi deklarasi damai antarsuporter itu seusai Forum Grup Discussion (FGD) bertajuk Transformasi Persepakbolaan di Tengah Dinamika Fanatisme Supporter, Senin (10/10/2022). 

Oleh karenanya, lanjut Kombes Pol Ibrahim, kemungkinan Jakmania, termasuk Aremania hadir di Bandung bisa terjadi asalkan seluruh aspek yang menjadi masalah bisa teratasi dengan baik. 
Sehingga, kata Kombes Pol Ibrahim, mereka bisa aman dan nyaman menonton kesebalasannya berlaga di Bandung. 

"Ini akan menjadi spirit yang positif, sehingga kami bisa membangun satu mekanisme atau pola pertandingan yang akan lebih baik. Jadi, itu bisa menjadi positif dan ada pertandingan yang bisa disaksikan oleh dua pendukung tim," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana mengatakan, deklarasi damai yang juga digaungkan bersama seluruh unsur sepak bola dalam FGD tersebut juga akan disampaikan ke tingkat pusat agar bisa dicontoh di daerah lain. 

"Termasuk kami tadi ada deklarasi. Kami akan kirim ke tingkat pusat untuk bisa dijadikan contoh di tempat daerah lain," pungkasnya. 

Kehangatan The Jakmania dan Viking di Bandung

Tragedi Kanjuruhan membuka mata dan hati para suporter di Indonesia untuk berdamai, salah satunya yang terjadi di Bandung, Jawa Barat.

Suporter Persib Bandung, Viking, menggelar acara Dari Kami Untuk Malang di GOR Sapura, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2022).

Dalam acara itu juga dihadiri beberapa perwakilan suporter di Bandung salah satunya fans Persija Jakarta, The Jakmania.

Seperti diketahui, Persija Jakarta mempunyai suporter bernama The Jakmania Bandung.

Selama ini, The Jakmania Bandung tidak bisa menunjukan identitasnya karena berada di kota rival.

Namun suasana itu berbeda dalam acara yang digelar pukul 17.00 WIB sampai 20.30 WIB di Bandung.

The Jakmania Bandung datang dan disambut hangat Viking di GOR Sapura.

Acara dimulai dengan solat bersama, ceramah dari ustad, lalu bincang-bincang hangat perwakilan Viking, The Jakmania Bandung, Aremania Bandung, dan pemain Persija Jakarta serta Persib Bandung.***