Kenali Gejala Asam Lambung Tinggi yang Bisa Serang Tubuh Anda

Kenali Gejala Asam Lambung Tinggi yang Bisa Serang Tubuh Anda

WJoday, Jakarta - Asam lambung tinggi menjadi salah satu masalah penyakit yang paling umum dihadapi orang dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata perut manusia memiliki jalur produksi asamnya sendiri yang secara ilmiah dikenal sebagai 'jus lambung'.

Ini mirip superhero pH yang memainkan peran penting dalam pemecahan dan pencernaan makanan.

Memahami peran asam lambung dan dampaknya terhadap kesehatan pencernaan sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Sementara kadar asam lambung yang tepat dapat membantu pencernaan, kadar asam lambung yang tinggi dapat merusak kesehatan pencernaan Anda.

Seseorang dengan asam lambung tinggi mungkin mengalami gejala tidak nyaman seperti refluks asam, mulas dan gangguan pencernaan.

Dengan kata lain, ketika asam lambung Anda berlebihan, itu merusak lapisan halus lambung dan kerongkongan.

Produksi asam yang berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya ulkus, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan memerlukan intervensi medis.

Direktur Senior, Gastroenterologi, Hepatologi dan Endoskopi, Rumah Sakit Khusus Max Super, Patparganj, New Delhi yakni Dr Deepak Lahoti menjelaskan tentang asam lambung tinggi.
 
Apa itu asam lambung tinggi?

Asam lambung, juga dikenal sebagai asam lambung, adalah cairan pencernaan yang diproduksi di lambung untuk membantu memecah makanan.

Ketika asam lambung terlalu tinggi, dapat menyebabkan berbagai gejala tidak nyaman bahkan berbahaya.

Hal ini terutama terdiri dari asam klorida (HCl), bersama dengan enzim dan lendir lainnya.

Sifat asam lambung sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang optimal untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi, jelas sang ahli.

Asam lambung juga berfungsi sebagai mekanisme pertahanan kritis terhadap patogen.

PH asam lambung yang rendah membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan parasit berbahaya yang dapat masuk ke sistem pencernaan melalui makanan atau minuman yang dicerna.

Gejala asam lambung tinggi

Berikut adalah tanda dan gejala asam lambung tinggi yang paling umum, seperti yang dijelaskan oleh Dr Lahoti.

1. Mulas

Ketidakseimbangan produksi asam lambung atau sekresi asam yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai gejala. Salah satu gejala yang paling umum dari asam lambung tinggi adalah mulas. Ini adalah sensasi terbakar yang dimulai di dada dan bergerak ke tenggorokan dan disebabkan oleh refluks asam di kerongkongan.

2. Mual

Apakah Anda merasa mual setelah makan? Keduanya merupakan gejala umum asam lambung tinggi. Rasa mual akibat asam lambung tinggi berkisar dari ringan hingga berat.

3. Kembung

Jika Anda sering merasa kembung atau tidak nyaman setelah makan, bisa jadi asam lambung Anda tinggi.

Kembung adalah gejala lain dari peningkatan asam lambung, dan ini bisa mengakibatkan rasa kenyang dan tidak nyaman setelah makan.***